Terlalu Banyak Konsumsi Nasi Putih Baikkah?

Nasi putih bagi sebagian besar masyarakat Indonesia adalah makanan yang harus ada alias wajib disajikan ketika makan. Pagi, siang, dan sore menjadi menu yang wajib bagi masyarakat Indonesia. Dikonsumsi 3 kali sehari baikkah???

Sebenarnya asal dikonsumsi dengan takaran yang pas dan sesuai dengan porsi tubuh tidak akan membahayakan tubuh. Namun tentu saja porsinya harus seimbang. Untuk usia remaja satu centong nasi sudah cukup sebenarnya, ditambah lauk pauk yang kaya akan serat dan buah sebelum makan yang akan mengurangi kadar gula di dalam nasi yang kita makan.

Apabila makan nasi putih berlebihan, akan ada dampak buruk yang timbul. Seperti disebutkan dalam hasil penelitian Amerika Serikat yang menyatakan bahwa konsumsi 150 gram beras putih lebih dari lima kali sepekan dapat meningkatkan resiko diabetes sebanyak 17%. Persentase tersebut dibandingkan dengan orang-orang yang hanya mengkonsumsi satu porsi nasi putih dalam sebulan. Hal ini disebabkan nasi putih mengandung  kadar gula yang tinggi. Kelebihan konsumsi nasi ini juga bisa menyebabkan kanker dan penyakit kardiovaskular. Waw… tentu berbahaya sekali terutama bagi kita yang mengkonsumsi nasi putih sebagai makanan pokok, misal 3 kali sehari. Tentu bisa dibayangkan resikonya akan sebesar apa??

Berikut ini ada beberapa bahan makanan sebagai pengganti nasi putih yang lebih rendah kadar gulanya dibandingkan nasi putih:

  • Pisang (makanan pokok di daerah Hawaii).
  • Kacang-kacangan atau biji-bijian.
  • Kentang.
  • Beras merah/nasi merah.
  • Barley (sejenis gandum yang dikonsumsi masyarakat Eropa

Sebaiknya untuk menghindari resiko terkena penyakit diabetes, pergantian variasi bahan makanan pokok perlu dilakukan. Dengan cara tidak hanya mengonsumsi nasi putih saja sebagai makanan pokok. Alternatif lain seperti, roti, gandum, pisang, kentang, beras merah, dll perlu dicoba agar hidup lebih sehat dan meminimalisir resiko terkena diabetes.

# Disarikan dari berbagai sumber

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s