Olive Oil (Minyak Zaitun)

Minyak zaitun hasil olah buah zaitun menjadi ekstrak yang mempunyai segudang khasiat untuk kesehatan tubuh dan Kecantikan, Salah seorang wanita yang sangat tersohor karena wajah cantik dan kulit yang begitu mulus adalah Ratu Cleopatra. Sebagai Ratu Mesir di zaman kuno sudah pasti penting untuk merawat kesehatan maupun kecantikan dirinya sendiri. Bukan hanya dia, banyak artis di Indonesia yang mengakui bahwa kecantikan diri yang didapat adalah berkat minyak zaitun.

Kandungan Minyak Zaitun?
Senyawa kimia yang tersimpan dalam minyak zaitun misalnya triasilgliserol yang merupakan asam lemak tak jenuh tunggal dengan jenis omega 9 (asam oleat). Kadar omega 9 sekitar 55 – 83 persen dari total asam lemak. Karena lemak tersebut baik untuk tubuh sebab berjenis lemak tak jenuh tunggal, risiko tubuh teroksidasi lebih sedikit ketimbang omega-6 dan omega-3.

Manfaat Minyak Zaitun
Kandungan lain yang juga terdapat dalam minyak zaitun adalah Vitamin E, fungsinya untuk kesehatan maupun kecantikan adalah merawat rambut agar lebih sehat karena terus mendapat suplai nutrisi dari luar.

Khasiat Olive Oil ?
1. Merawat kulKulit adalah bagian tubuh terluar yang memiliki risiko tertinggi mengalami kerusakan akibat terpaan banyak bakteri maupun unsur lain seperti kulit kering, kusam dan keriput lebih cepat. Untuk mencegah masalah tersebut Anda harus melakukan perawatan kulit secara rutin agar beragam masalah yang menimpa kulit jadi terminimalisir risikonya. Cara yang paling mudah yaitu mengoleskan minyak zaitun sebelum beraktivitas dan menjelang tidur malam. Tujuan pemakaian minyak zaitun sebelum beraktivitas adalah mengurangi dampak buruk pada kulit akibat terpapar sinar matahari. Di samping itu kulit akan teras lebih segar, kencang, halus dan lembut.

2. Mengatasi Wajah Berminyak
Berlebihnya jumlah minyak pada wajah dapat memperburuk penampilan seseorang, oleh sebab itu sangat penting mencari solusi sehat agar tidak lagi mengalami masalah tersebut.

Langkah utama yang bisa Anda coba adalah menggunakan masker yang terbuat dari campuran minyak zaitun dan bubuk cendana. Kalau bisa lakukan saat wajah terasa lelah, biarkan masker menempel 15 menit lamanya. Terakhir basuh wajah untuk mengangkat masker menggunakan air dingin, keringkan wajah menggunakan tisu atau tepuk-tepuk menggunakan telapak tangan.

3. Mengangkat Kotoran Di Wajah
Jika Anda adalah pegawai yang ditugaskan untuk selalu bekerja di luar ruangan, pastikan agar memberikan perlindungan lebih terhadap kesehatan, khususnya kulit.

Gunakanlah minyak zaitun sehabis melawan teriknya matahari. Pertama basuh wajah menggunakan air hangat atau uapkan dengan air yang sedang didihkan, tujuannya agar pori-pori wajah terbuka. Setelah itu oleskan minyak zaitun pada kulit wajah secara merata, diamkan selama 5 menit. Jika sudah bersihkan wajah menggunakan air hangat, terakhir bilas lagi dengan air dingin agar kotoran yang telah keluar tidak masuk lagi karena pori-pori wajah mengecil.

4. Merawat Rambut
Anda bisa mengkombinasikan antara ekstrak buah zaitun dengan madu yang dipercaya para ahli kecantikan sebagai bahan herbal untuk merawat rambut dari berbagai macam kerusakan.

    Mengembangkan Rambut: Siapkan sebuah mangkuk kosong, pecahkan dua butir telur dan masukkan pada mangkuk, setelah itu kocok dengan sendok. Tambahkan satu cangkir minyak zaitun pada mangkok tadi, diamkan selama 2 menit agar kalis. Setelah itu balurkan campuran bahan ini pada akar hingga ujung rambut. Diamkan 10 menit setelah itu keramas pakai shampo.
    Memanjangkan Rambut: Tumbuk biji lemon dan lada, campur keduanya kedalam dua sendok makan minyak zaitun. Basuh perlahan pada kulit kepala secara merata, diamkan 20 menit lamanya kemudian cuci menggunakan shampo.
    Merawat Kerusakan Rambut: Masukkan material alami seperti minyak zaitun, kelopak bunga mawar atau ekstrak melati ke dalam botol. Tutup dan diamkan minimal 24 jam. Jika sudah, basahi rambut menggunakan air panas agar pori-pori sedikit terbuka. Oleskan minyak zaitun pada kulit kepala, pijat beberapa saat barulah keramas.

Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan
Jika minyak zaitun lebih Anda pilih untuk memelihara kesehatan tubuh, Anda bisa menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti minyak goreng biasa karena hasil masakan yang dihasilkan akan menyehatkan.

Beberapa khasiat dari minyak zaitun jika digunakan secara internal bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

    Mencegah penyakit jantung dan stroke.
    Membunuh sel kanker.
    Mengurangi dan memulihkan radang sendi.
    Menjaga kepadatan tulang sehingga tidak terserang osteoporosis.
    Menurunkan kadar glukosa dalam darah.
    Mendetoksifikasi molekul yang tidak seimbang dengan kata lain sebagai penangkal radikal bebas.
    Memperbaiki kualitas ASI.
    Mengurangi terjadinya penyumbatan (Trombosis) juga penebalan (Arteriosklerosis) pembuluh darah.
    Membasmi kutu di rambut.
    Mengurangi risiko terserang kanker rahim, colon, kulit dan lambung.
    Menghindari terserang penyakit tukak lambung pada sistem pencernaan.
    Menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).
    Mengurangi efek negatif dari penggunaan obat-obatan penurun tekanan darah.
    Mengurangi angka kematian jika rutin konsumsi minyak zaitun.
    Mengobati penyakit wasir, caranya: Siapkan satu sendok makan minyak zaitun (extra virgin), kemudian campurkan dengan bubuk habbatussauda secukupnya. Ratakan, minum sehari 3 kali, selama satu pekan. Manfaat minyak zaitun untuk mengobati wasir ini diminum sebelum makan.

 

Satya Wishnu Lemurian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s